Macam Macam Minuman Yang Harus Dihindari Penderita Asam Lambung

Bagikan ke:

Macam Macam Minuman Yang Harus Dihindari Penderita Asam Lambung, Asam lambung adalah penyakit yang paling sering dijumpai pada anak kos. Penyakit asam lambung (GERD) terjadi karena tidak berfungsinya lower esophageal sphinchter (LES). LES merupakan lingkaran otot yang berada pada bagian bawah esofagus yang berfungsi untuk mencegah makanan dan asam lambung untuk tidak kembali ke asofagus. Saat asam lambung naik maka akan ada gejala gejala seperti nyeri ulu hati, mual, muntah, perut perih, melilit, dan diare. Bagi penderita asam lambung sangat dianjurkan untuk megetahui makanan dan minuman yang dapat memperburuk penyakit tersebut. Namun kali ini saya akan menjelaskan minuman yang harus dihindari bagi penderita asam lambung. Inilah 4 minuman yang dapat memperburuk kondisi penderita asam lambung.

1.Teh

Pada dasarnya teh adalah minuman sehat yang memiliki antioksidan dan baik untuk dikonsumsi, namun yang perlu sobat ketahui ternyata teh memiliki efek buruk bila dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Mengapa demikian? Hal itu disebabkan karena pada teh terdapat antioksidan jenis polifenol. Antioksidan polifenol apabila menyatu dengan antioksidan lain akan beruban menjadi tanin. Jika terkena air panas dan udara tanin akan berubah menjadi asam tanat. Asam tanat akan berpengaruh buruk terhadap mukosa lambung.

2.Kopi

Kopi merupakan minuman yang tidak asing lagi bagi masyarakat. Minuman dengan rasa pahit ini ternyata memiliki efek buruk bagi penderita asam lambung. Pada kopi terdapat kafein. Selain berguna untuk menghilangkan kantuk ternyata kafein pada kopi memiliki efek negatif. Kafein pada kopi telah terbukti menurunkan tekanan darah pada sfingter esofagus bagian bawah. Hal tersebut berdampak semakin pada buruknya rasa mulas pada penderita asam lambung. Kopi dapat merangsang hipersekresi asam lambung, kopi tanpa kafein atau dengan kafein telah terbukti dapat meningkatkan keasaman. Selain itu juga kopi cendengrung mempercepat proses pengosongan asam lambung, hal itu menyebabkan isi lambung yang asam lewat lebih cepat pada usus, dampaknya adalah akan menyebabkan iritasi pada usus.

Baca Juga :

3. Alkohol

Alkohol adalah salah satu minuman yang dilarang agama, karena memang terbukti memilik banyak dampak buruk. Dampak buruk dari alkohol salah satunya adalah pada lambung. Alkohol akan mengiritasi dan mengikis mukosa pada dinding lambung dan membuat dinding lambung lebih rentan terhadap asam lambung walaupun pada kondisi normal. Karena alkohol lambung akan teriritasi lebih cepat. Jadi lebih baik bagi kita untuk menghindari alkohol sejauh mungkin.

4. Soda

Minuman bersoda merupakan minuman yang familiar dikalangan anak muda, disamping rasanya yang menyegarkan minumah ini dijual dengan harga yang terjangkau. Namun dibalik rasanya yang nikmat ternyata minuman tersebut memiliki efek negatif bagi penderita asam lambung. Minuman bersoda atau yang akrab disapa dengan minuman berkarbonasi mengandung gas karbondioksida sehingga berpotensi menambah gas dalam lambung dan memicu kambuhnya gastroesophageal reflux disease (GERD).

5. Minuman berenergi

Minuman berenergi adalah minuman yang dapat menambah energi kita. Namun disamping manfaatnya minuman berenergi memiliki efek buruk bagi penderita asam lambung. Minuman berenergi memiliki kafein dan taurine. Kedua zat tersebut memiliki efek buruk bagi penderita asam lambung.

Itulah artikel Macam Macam Minuman Yang Harus Dihindari Penderita Asam Lambung, semoga bermanfaat, Terimakasih
Bagikan ke: